LOS ANGELES, KOMPAS.com — Penyanyi dan pemain film Mandy Moore (26) rupanya peduli dengan penyakit malaria. Ia meminta para penggemarnya untuk menyumbangkan uang secara online guna mendanai pembelian kelambu.

Kelambu sangat diperlukan karena bisa mengurangi jatuhnya korban meninggal di Afrika akibat gigitan nyamuk malaria. Pada 2009, Moore mengunjungi lokasi bekas perang di Sudan. Di sana ia memberikan bantuan 3 juta kelambu untuk Population Services International (PSI).

Moore menjalankan kegiatan sosialnya itu bekerja sama dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Ia juga terus melakukan kampanye untuk menyediakan tempat tidur yang sehat bagi warga di Afrika.

”Malaria sebenarnya dapat dicegah. Namun, penyakit ini terus meningkat dan membunuh hampir satu juta orang setiap tahun. Kelambu untuk tempat tidur itu bisa mencegah gigitan nyamuk malaria. Itu salah satu cara termudah untuk melindungi keluarga dari nyamuk malaria. Saya bangga menjadi bagian dari inisiatif ini dan mengirimkan kelambu untuk menyelamatkan nyawa orang,” kata bintang film License to Wed (2007) dan Because I Said So (2007) ini.

Moore menyerukan kepada para pengikutnya di Twitter untuk mendukung kampanye ini dan menghubungkan mereka ke halaman donasi online untuk kelambu.(Contactmusic.com/ LOK)